Pages

Peluang Usaha di Bidang Pendidikan

Peluang Usaha dibidang Pendidikan

Saat ini para orang tua tidak akan segan-segan mengeluarkan uang untuk memajukan pendidikan anak-anaknya. Tentu saja hal tersebut mereka lakukan agar sang buah hati menjadi anak yang cerdas, pintar, dan berguna bagi nusa dan bangsa.
kerja sampingan bagi guru dan pengajar
Bahkan, saat ini konsentrasi para orang tua bukan hanya pendidikan formal saja. Untuk menunjang bakat dan keterampilan sang anak, banyak pula orang tua yang memberikan pendidikan tambahan bagi putra-putrinya di luar jam sekolah. Semangat dan dorongan dari para orang tua yang seperti itu, menjadikan bisnis pendidikan nonformal menjadi peluang yang berprospek sangat bagus. Hal ini pula yang membuat bisnis pendidikan sekarang semakin menjamur di berbagai daerah.

Target pasar untuk bisnis pendidikan nonformal cukup luas. Dari mulai para balita umur 6 bulan sampai 5 tahun, anak-anak SD, SMP, dan SMA, sampai dengan para mahasiswa yang membutuhkan pendidikan tambahan di luar jam kuliah mereka. Mengelola bisnis pendidikan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghasilkan laba yang menggiurkan. Hal ini karena bisnis di dunia pendidikan merupakan bisnis yang tidak akan pernah kehabisan pelanggan.
Purdi E. Chandra, pemilik bimbingan belajar terkenal di negeri ini mengatakan bahwa bisnis pendidikan amat menguntungkan karena bisnis ini tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi. Dengan demikian, bisnis pendidikan adalah salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah mati dan merupakan bisnis yang akan terus berkembang dan menguntungkan, seiring dengan bertambahnya para pelajar yang ingin menimba ilmu di dunia pendidikan. Dia juga menambahkan bahwa bisnis jenis ini akan terus berjalan karena setiap warga negara sangat membutuhkan pendidikan. Selain itu, tingkat pendidikan juga merupakan salah satu faktor yang sangat memengaruhi keberhasilan dan masa depan seseorang.

Berikut ini beberapa bisnis pendidikan yang dapat kita lakukan.

     1. Usaha bimbingan belajar/lembaga pendidikan

Banyaknya bimbingan belajar yang berdiri saat ini menandakan bahwa bisnis ini sangat diminati . Sebagai contoh, Purdi E. Chandra, pemilik bimbel Primagama awalnya meniru bisnis sebuah bimbingan belajar yang telah berjalan di Jakarta. Di Yogyakarta, dia pun sukses seperti sekarang ini. Bahkah, mengalahkan bisnis bimbingan belajar yang dia tiru sebelumnya. Saat itu, dia juga masih muda dan berstatus mahasiswa. Dengan demikian, bagi yang masih bersekolah, jangan mengurungkan niat untuk memulai bisnis bimbingan belajar ini. Apabila sedang bersekolah ditingkat SMA, kita bisa membuka bisnis bimbingan belajar untuk siswa SMP dan SD. Kita bisa mengajak teman-teman untuk mendirikan bisnis ini, tidak harus sendiri. Dengan mengajak teman, kita mempunyai teman berbagi untuk menyukseskan bisnis yang didirikan bersama tersebut. Baca Cara Gila Jadi Pengusaha ala Purdi E Candra
Langkah pertama untuk memulai bisnis bimbingan belajar adalah menyiapkan mata pelajaran yang harus diajarkan. Bisa kita sendiri atau mengajak orang-orang yang memiliki kompetensi di setiap mata pelajaran. Kita tidak cukup mengandalkan kepintaran yang dimiliki. Kita juga harus bisa mengambil hati para peserta bimbingan belajar. Dengan demikian, mereka akan jatuh hati kepada kita dan betah belajar di bimbingan belajar milik kita. Jika sudah suka belajar di tempat kita, kelak mereka akan mempromosikan bimbel kita kepada teman-teman, adik, atau saudaranya bahwa bimbel kita bagus. 
Kedua, membangun jaringan ke sekolah-sekolah yang menjadi target pasar bisnis bimbingan belajar kita. Bimbel kita harus dikenal oleh mereka. Oleh karena itu, bangunlah komunikasi dan meminta waktu agar kita bisa mempromosikan bimbel kita di sekolah mereka. Jika telah mengenal dan mengetahui kualitas bimbel kita, mereka akan sadar bahwa ada keuntungan
apabila bergabung dengan bimbel kita. 
Ketiga, menyediakan tempat senyaman mungkin bagi para siswa dalam belajar. Kita harus sekreatif mungkin menata ruangan belajar menjadi senyaman mungkin bagi para siswa belajar. Jangan lupa juga untuk menyediakan fasilitas, seperti papan tulis, spidol, layar proyektor jika diperlukan, buku-buku pelajaran yang digunakan, dan kertas yang diperlukan. 
Terakhir, apabila memungkinkan, sediakanlah ruangan khusus dengan AC atau kipas angin serta LCD proyektor untuk membantu para guru atau tutor untuk menjelaskan materi lebih mudah kepada para siswa. Banyaknya lembaga bimbel yang berdiri sekarang membuktikan masih banyak anak sekolah yang memerlukan pendalaman materi pelajaran. Kita dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka bimbingan mata pelajaran bidang tertentu. Apalagi kalau berdomisili di daerah perkotaan, kita dapat manfaatkan untuk membuka bimbel kecil-kecilan.

2. Usaha les privat

Bisnis les privat saat ini juga tumbuh menjamur di seputar lingkungan sekolah dan kampus. Les privat tumbuh karena ada kebutuhan bagi para siswa yang merasa masih kurang di sekolah dan ingin tambahan pelajaran di rumah. Jika di tempat bimbel, para siswa belajar secara ramai-ramai, di tempat les privat para siswa dapat belajar fokus dan bisa meminta topik pelajaran yang ingin dibahas pada saat jam pelajaran les privat.
Untuk memulai bisnis les privat, kita cukup bermodalkan pamflet dan brosur yang dibagikan kepada para orang tua siswa yang sering mengantar dan menjemput anaknya ke sekolah. Kenakan tarif yang pas untuk les privat. Saat ini, tarif les privat berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 150.000 per sekali datang.
Kalau konsumen kita puas, mereka dengan senang hati akan mempromosikan bisnis kita. Hal yang paling utama adalah kita harus bisa mengajar dengan baik dan dicerna dengan mudah sehingga siswa mudah untuk menyerap pelajaran yang kita berikan.
Perlu diketahui bahwa bisnis les privat ini merupakan bisnis pendidikan yang paling ringan dibandingkan yang lain. Hal ini karena bisnis les privat tidak perlu menggunakan tempat tersendiri yang harus disewa atau dibeli. Bisnis les privat menggunakan rumah konsumen sehingga kita tidak perlu menyewa tempat. Dengan demikian, kita tidak perlu mengeluarkan modal awal yang besar. Les privat yang diajarkan bisa seluruh mata pelajaran atau beberapa mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

3. Bisnis kursus musik

Berbeda dengan bimbingan belajar yang fokus pada otak kiri maka kursus musik lebih menekanan pada otak kanan yang kreatif. Keseimbangan belajar dengan otak kiri dan otak kanan perlu dilakukan karena menurut pakar perkembangan syarat otak, otak kanan manusia sangat menentukan dalam proses berpikir manusia. Dia cenderung intuitif dan hampir 90% manusia berpikir dengan menggunakan otak kanan. Jadi, jika otak kanannya terasah, anak akan maksimal dalam olah pikirnya ketika dewasa kelak. 
Oleh sebab itu, bisnis kursus musik saat ini banyak bermunculan di negeri ini. Materi yang diajarkan di tempat-tempat kursus musik biasanya meliputi kursus vokal bagi yang senang bernyanyi dan kursus menggunakan alat musik, seperti gitar, piano, drum, dan sebagainya bagi yang senang bermain alat musik. Bagi kita yang tertarik untuk membuka bisnis kursus musik maka perlu menyiapkan beberapa hal, antara lain tempat, peralatan dan perlengkapan, modal, tenaga pengajar, dan persiapan bahan ajar untuk para siswa.

4. Kursus bahasa Inggris

Saat ini bahasa Inggris menjadi bahasa yang mutlak harus bisa dikuasai oleh para siswa. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa kedua yang wajib dikuasai oleh para siswa. Oleh karena itu, tempat kursus bahasa Inggris saat ini banyak bermunculan. Mereka menawarkan berbagai program kursus bahasa Inggris yang menarik dan menyenangkan bagi para siswa.
Biaya mengikuti kursus ini juga beragam. Mulai dari kategori murah hingga kategori yang cukup mahal. Jika memang menyukai belajar bahasa, membuka usaha di bidang kursus bahasa Inggris dapat menjadi pilihan kita. Tidak mesti kita yang mengajar. Kita dapat menyuruh orang lain untuk mengajar di tempat kursus milik kita.
Hal yang harus kita siapkan saat hendak membuka bisnis ini adalah menentukan tempat. Sebaiknya, carilah tempat yang dekat dengan target pasar kita, yaitu para siswa. Dengan demikian, tempat atau lokasi yang dekat sekolah menjadi keuntungan buat kita saat hendak mendirikan kursus bahasa Inggris.
Setelah mendapatkan tempat bisnis, selanjutnya kita perlu menata tempat tersebut menjadi nyaman untuk belajar. Kemudian, siapkan bahan ajar atau diktat bahan ajar. Terakhir, siapkan mentor atau guru yang akan mengajar. Bisa kita sendiri atau orang lain yang telah diseleksi keterampilannya dalam mengajar bahasa Inggris.

Dari ke-4 bisnis tadi. Kekasih saya telah menjalan bimbingan belajar yang di namai sebagai Smart NJ dan juga dia telah melayani kursus privat. Untuk saat ini memang masih sedikit yang mengikuti program bimbingan belajarnya tapi saya yakin bahwa suatu saat Smart NJ mampu mengantarkan daerah Kangkung sebagai Kecamatan pintar. Amin
Itulah 4 peluang usaha di bidang pendidikan.

Muhammad Alfan Ardhani

Founder - CEO KampusPolines.blogspot.co.id. Mahasiswa Teknik Listrik di Polines. Anak Kampung yang Hijrah Ke Kota demi Masa Depan yang cerah

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun