Pages

Peluang Usaha di Bidang Jasa

Bisnis di bidang jasa sangatlah banyak. 

Berikut ini beberapa usaha bidang jasa yang kiranya dapat menjadi alternatif bagi kita untuk memulai usaha. Usaha tersebut tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya.
 
Asalkan kreatif, kita bisa memulainya, bahkan hampir tanpa modal. Hal ini
karena kita bisa memulai dengan mengandalkan dari sumber daya yang
sudah dimiliki saat ini.


1. Jasa penulisan artikel dan cerpen

Hampir setiap media massa mempunyai kolom atau halaman khusus untuk artikel dari pembaca. Artikel adalah sebuah tulisan yang biasanya berhubungan dengan situasi terkini, baik politik, ekonomi, maupun sosial. Artikel biasanya hanya terdiri atas beberapa lembar (3–4 halaman) sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya tidak banyak, dan tidak mengganggu pekerjaan.
 
Selain menulis artikel, kita juga bisa mengembangkan kemampuan menulis untuk menulis cerita pendek atau cerpen. Hasil tulisan itu lalu bisa ditawarkan ke redaksi media cetak, seperti koran-koran, majalah, ataupun ke situs-situs komersil.
 
Perlu diingat, meskipun kita sendiri yang bergerak, bukan berarti tidak membutuhkan strategi. Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk melangkah sukses dalam usaha ini adalah teruslah menyimak dan mengikuti berbagai informasi terbaru serta aktif mengirimkan artikel paling baru kita ke berbagai media, jangan berhenti sampai kita benar-benar mendapatkan apa yang diinginkan, teruslah berjuang karena perjuangan disertai pelatihan tidakkan berakhir sia-sia, keluarkan ide-ide kita semaksimal mungkin, jangan ragu dan segan untuk mendatangi perpustakaan dan toko buku, dan carilah informasi terbaru dan serap ilmu dari mana pun.

2. Jasa penerjemah

Kalau kita mempunyai kemampuan berbahasa asing yang baik, seperti bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Arab, atau bahasa asing lainnya, bisa dimanfaatkan dengan menerima jasa penerjemahan. Peluang usaha ini besar karena masih banyak perusahaan atau individu yang membutuhkan jasa para penerjemah.
 
Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memulai usaha ini antara lain harus mempunyai kemampuan berbahasa asing yang baik atau aktif, mempunyai kemampuan mendapatkan klien atau mempromosikan usaha, mempunyai kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi dengan klien. Selain itu, untuk membuka usaha ini diperlukan komputer, printer, dan kamus. Jika memungkinkan agar usaha kita diakui secara resmi, kita mengurus surat izin berakreditasi penerjemah. Surat ini penting jika klien kita adalah perusahaan sehingga kerahasiaan hasil penerjemahan terjamin secara hukum.

3. Agen isi ulang pulsa

Sekarang ini, handphone (HP) seolah sudah menjadi barang wajib bagi setiap orang. Coba perhatikan, ada saja orang yang sedang mengobrol atau sms dengan HP-nya di mana dan kapan saja. Pasti nya setiap pemilik HP membutuhkan pulsa untuk melakukan komunikasi. Kini, memang banyak kios pulsa bertebaran di mana-mana. Namun, jangan khawatir. Kita tetap bisa membuka usaha penjualan pulsa karena kebutuhan masyarakat akan pulsa begitu ti nggi.
 
Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan jika kita akan memulai usaha ini adalah sebagai berikut.

a. Untuk kulakan berbagai macam produk pulsa isi ulang dan perdana,

kita bisa mendatangi kantor-kantor cabang operator atau agen-agen penyedianya.

b. Carilah tempat usaha yang strategis.

Jika tempat usaha sudah didapatkan, kita tinggal menyediakan tempat display pulsa isi ulang dan nomor perdana. Biasanya, tempat tersebut terbuat dari kaca dan alumunium berukuran sekitar 1 x 1 x 1 cm. Jangan lupa pula untuk memasang spesifikasi harga dan jenis pulsa yang kita jual. Namun untuk tahap awal, jika belum bisa membuat display, kita bisa memasarkan kepada teman-teman dekat dengan sistem membeli langsung melalui sms.

c. Strategi bisnis yang dapat kita lakukan 

untuk usaha agen pulsa isi ulang ini adalah menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan para pesaing dan usahakan produk yang ditawarkan di kios pulsa isi ulang kita lengkap. Bahkan, jika memungkinkan, sediakan pula aneka aksesoris ponsel, misalnya chasing ponsel yang unik, cantik, dan menarik.

4. Bisnis jasa rental komputer dan pengetikan

Pendapatan usaha rental komputer tidak hanya didapat dari jasa penyewaan komputer. Kita juga bisa menerima pesanan jasa pengetikan, cetak naskah atau foto, dan scan foto atau gambar. Konsumen jasa ini, di antaranya adalah anak-anak sekolah dan mahasiswa.
 
Jika kita menjalankan bisnis rental dan jasa ketik ini, kita juga bisa menawarkan jasa-jasa tambahan dengan harga yang kompetitif. Bisnis ini lebih prospektif jika dijalankan di daerah dekat kampus, sekolah, dan daerah kos-kosan. Ada beberapa hal yang bisa kita ikuti ketika memulai bisnis rental komputer dan jasa pengeti kan ini.
a. Mampu menjalankan perangkat keras dan program komputer.
b. Mengetahui cara mengatasi hambatan/kerusakan komputer.
c. Mengetahui tempat membeli peralatan komputer yang murah dan baik.
d. Mengetahui teknik pemasaran jasa pemakaian komputer.
e. Memiliki ruang usaha yang memadai (minimal 3 x 4 m²) dengan interior yang nyaman.
f. Minimal mempunyai empat komputer, sebuah printer (hitam putih/ berwarna), dan sebuah scanner.
g. Mempunyai kursi dan meja.
h. Operasional kerja, seperti kebutuhan ATK, listrik, servis komputer, dan gaji karyawan.
 
Strategi berbisnis rental komputer, di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Pertimbangkan lokasi usaha. Bukalah usaha di lingkungan yang kemungkinan besar banyak menggunakan jasa pengetikan, seperti sekolah dan kampus.
b. Uruslah izin usaha di lingkungan sekitar jika diperlukan.
c. Belilah atau rakit komputer dengan kecepatan prosesor dan kapasitas menyimpan data yang besar.
d. Tentukan program software komputer dan daftarkan perizinan pemakaiannya untuk menghindari denda penyalahgunaan lisensi.
e. Jalankan usaha dengan memberikan pelayanan dan kualitas terbaik, seperti kecepatan komputer yang memadai, pilihan program software yang beragam, fasilitas pendukung yang lengkap dan baik (cetak warna/ hitam-putih dan scan foto), harga bersaing, dan tenaga kerja yang mengerti komputer dan ramah.

5. Studio foto

Berbisnis dalam bidang studio foto saat ini juga berpeluang besar menghasilkan
uang. Jika kita pernah mengikuti kursus fotografi atau di sekolah sempat mengikuti organisasi yang bergerak dalam bidang fotografi , kita dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah penghasilan di bidang fotografi.
 
Selain studio foto yang biasanya didatangi oleh orang-orang, kita juga dapat menawarkan foto panggilan. Misalnya, pada acara wisuda atau acara pernikahan. Apabila belum mampu mempunyai studio foto sendiri, kita dapat menawarkan diri untuk jadi fotografer panggilan.
 
Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa kita siapkan ketika akan memulai usaha ini.
a. Pengetahuan tentang fotografi , kamera, dan lainnya,
b. Tempat yang strategis dan mudah terjangkau,
c. Pelayanan yang ramah dan memuaskan,
d. Melakukan promosi pada masyarakat,
e. Mahir memilih angel yang baik.
 
Strategi bisnis harus kita tentukan sebelum memulai usaha supaya bisnis kita lancar. Beberapa strategi yang dapat kita adopsi, antara lain sebagai berikut.
a. Adakan pekan diskon pada minggu pembukaan pertama,
b. Adakan diskon pada bulan-bulan tertentu untuk mendongkrak penjualan,
c. Sediakan kartu nama untuk kemudahan komunikasi,
d. Buatlah papan nama studio foto,
e. Sediakan layanan ekstra, misalnya diskon untuk oder cetakan foto dalam jumlah besar.

6. Bisnis studio musik

Banyaknya grup musik dan anak muda yang gemar bermusik dapat pula kita manfaatkan untuk membuka usaha studio musik. Keberadaan studio musik sangat dibutuhkan karena kebanyakan anak-anak muda yang senang bermain musik tidak memiliki studio musik sendiri. Seperti diketahui, saat ini musik sudah menjadi kebutuhan wajib bagi anak muda.
 
Beberapa hal yang harus kita perhati kan saat akan memulai bisnis ini, antara lain sebagai berikut.
a. Menyurvei tempat yang strategis dan terjangkau oleh kalangan anak-anak muda
b. Memiliki jaringan dengan grup band-grup band
c. Memiliki pengetahuan tentang musik dan segala sesuatu yang terkait dengan musik,
d. Memiliki peralatan musik yang lengkap.
 
Strategi bisnis berikut dapat dijadikan patokan untuk memulai bisnis di bidang ini.
a. Kita harus menyediakan kartu nama,
b. Kita harus membuat papan nama studio musik milik kita agar diketahui oleh banyak orang,
c. Kita harus menjalin kerja sama dengan grup-grup band yang ada di sekitar kita,
d. Kita harus rajin mengunjungi acara-acara pergelaran musik untuk mencari klien baru,
e. Kita harus memertahankan kepercayaan dari kelompok band yang selalu memakai jasa kita.

Muhammad Alfan Ardhani

Founder - CEO KampusPolines.blogspot.co.id. Mahasiswa Teknik Listrik di Polines. Anak Kampung yang Hijrah Ke Kota demi Masa Depan yang cerah

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun