Pages

9 Tips Sukses Ujian Mandiri Universitas

Ujian mandiri adalah jalur terkahir dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Oleh karena itu, jangan sia-siakan jalur terakhir ini. Jika kalian tidak bisa memaksimalkan jalur ini, maka bisa jadi kalian akan masuk Universitas tahun depan.
Agar bisa memaksimalkan Ujian Mandiri ini, saya akan memberikan Tips agar Sukses Ujian Mandiri. 
Ujian Mandiri

1. Niat

Pastikan dulu kita mempunyai niat. Menurut saya, niat itu sangat mempengaruhi tindakan kita. Paling tidak niat mempunyai pengaruh 50%

2. Restu orang tua

Allah SWT akan mengijinkan orang jika orang itu telah mendapatkan restu dari orang tua. Apa akibatnya  jika kita tidak mendapatkan restu orang tua ? Ya, pasti kita akan gagal. Menurut pengalaman pribadi saya (dari golongan kebawah menengah), orang tua saya tidak bisa membiayai uang kuliah dan uang hidup. Tapi saya dengan keyakinan tinggi bahwa ada beasiswa yang bisa membayar uang kuliah serta biaya hidup (BIDIKMISI). Akhirnya orang tua saya merestui jalan hidup saya untuk melanjutkan kuliah.

3. Target

Siapkan pilihan universitas dimana yang ingin kita tempuh. Mulai dari fakultas, prodi dan sebagainya. Jangan salah pilih. Paling tidak ada satu universitas yang kita ingin. Tapi ketika kita tidak diterima di universitas yang kita inginkan, jangan brsedih hati. Coba memandang dari arah pandangan yang lain.

4. Belajar yang rajin

Sering-seringlah latihan. Bisa mandiri ataupun bersama teman. Tapi saya sarankan untuk latihan soal dengan kakak tingkat. Apabila mempunyai uang lebih, kita bisa mendaftar di Bimbingan Belajar. Jika masih terlalu mahal, saya sarankan ntuk membeli e-book di um.UjianMandiri.com karena disini kita bisa mendapatkan semua latihan soal, soal ujian mandiri berbagai universitas.  

Ujian Mandiri

5. Sehari sebelum hari H jangan belajar

Hal ini justru akan membuat kita terbebani. Diusahakan santai, nyaman saat mengerjakan soal.

6. Siapkan peralatan H-1

Misalnya kita bisa menyiapkan kartu peserta, pensil 2B (minimal 2), penghapus, bolpoin, tatakan kertas dan sebagainya.
Ujian Mandiri

7. Cari tahu lokasi ujian kita

Hal ini akan membuat kita bisa tenang sebelum menjalani ujian mandiri.

8. Hari H

menjelang beberapa menit, jangan membaca lagi materi-materi ibarat soal yang diingat rumus 5 tapi yang lupa 2. Kata guru saya jika melakukan itu tandanya bukan rajin tapi belum siap ujian mandiri.
Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, jangan terpaku dengan soal yang sulit. Oh ya, sebelum mengerjakan jangan lupa berdo'a terlebih dahulu.
Ketika mengerjakan soal, percaya diri saja. Jangan pernah meragukan diri sendiri. Siapa lagi yang akan percaya dengan kita kalau bukan kita sendiri.

9. H+1

Optimislah dengan apa yang kita kerjakan. Berdoalah, minta kepada Allah SWT supaya diberikan yang terbaik.

Itu dia 9 Tips Sukses Ujian Mandiri berdasarkan pengalaman saya yang gagal di Ujian Mandiri. Dari Tembalang, Tekno Cell menceritakan.

Unknown

Founder - CEO KampusPolines.blogspot.co.id. Mahasiswa Teknik Listrik di Polines. Anak Kampung yang Hijrah Ke Kota demi Masa Depan yang cerah