Pages

Maukah Berbagi Peluang Bisnis dengan orang lain ?

Peluang Bisnis

Banyak sekali bidang bisnis yang dapat dipilih. Dari beberapa referensi, terdapat lebih dari 25 bidang bisnis. Namun, karena keterbatasan tempat, berikut ini hanya akan dibahas beberapa bidang usaha yang paling sering dan lebih mudah ditekuni oleh anak muda. Bidang-bidang bisnis yang dibahas juga tidak memerlukan modal yang besar sehingga tidak menyulitkan kita untuk memulai berbisnis.

A. Usaha di Bidang Makanan


Makanan bagi manusia adalah kebutuhan dasar. Jadi, selama masih hidup, manusia pasti akan membutuhkan makanan. Sebagian orang mengatakan bahwa untuk urusan perut, orang tidak akan berpikir lagi. Hal ini karena kalau perut lapar, kita tidak bisa berpikir ketika bekerja. Oleh karena itu, manusia harus makan agar bisa bekerja normal. Membeli baju dan membeli rumah mungkin bisa ditunda. Namun, untuk membeli makanan tidak bisa ditunda. Oleh sebab itu, peluang bisnis makanan selalu menjadi primadona di manapun. Bahkan, bisnis kecil yang paling banyak adalah bisnis makanan. Rata-rata ketika hari menjelang malam, bisnis kecil makanan kaki lima menjamur di mana-mana, terutama di pinggir jalan besar. Berikut ini contoh bisnis makanan yang dapat kita lakukan.

    1. Bisnis kedai mie ayam

Menurut data yang dapat dipercaya, Indonesia adalah negara pengonsumsi mie nomor dua terbanyak di dunia setelah Cina. Oleh sebab itu pula, bagi masyarakat di Indonesia, makan mie itu sudah seperti pengganti makan nasi. Jadi, bisnis mie merupakan pasar potensial bagi pengusaha bakmi. Bisnis mie ayam pun banyak bentuknya. Ada yang menggunakan gerobak keliling, gerobak mangkal, kios kecil, resto dengan tempat agak luas, resto di mall, dan sebagainya. Sebagai pemula, kita bisa memulai bisnis mie ayam dengan gerobak dan tempat kecil yang memuat satu atau dua meja. Modal yang harus dikeluarkan untuk bisnis ini pun tidaklah terlalu besar. Cukup untuk membuat gerobak, membeli peralatan, perlengkapan, dan menyewa tempat yang kecil saja. Sementara mengenai bahan baku, apabila tidak mau repot, kita bisa mencari pabrik mie yang menjual mie yang diinginkan.

    2. Bisnis kebab

Salah satu makanan yang sedang trend di Indonesia adalah kebab, makanan yang berisi daging sapi yang dipanggang dibungkus dengan roti tortilla. Makanan kebab ini berasal dari Timur Tengah. Saat ini, bisnis kebab banyak yang menggunakan gerobak dan mangkal di pinggir jalan. Gerobak yang digunakan untuk berjualan kebab biasanya berwarna-warni atau eye catching. Hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian konsumen. 
Untuk memulai usaha ini, kita dapat membuat gerobak ke tukang gerobak dan meminta mereka untuk membuat gerobak dengan warna warna dengan desain yang menarik. Kemudian, kita menyiapkan peralatan dan perlengkapan lainnya, seperti burner daging untuk memanggang daging kebab. Lalu, carilah suplier daging kebab dan roti tortilla yang sekarang ini tidak sulit ditemui. Jangan lupa pula untuk membuat aneka rasa bumbu untuk kebab tersebut. Jika telah siap segalanya, bukalah gerobak kebab kita yang mempunyai kelebihan rasa paling enak dibandingkan dengan penjual kebab yang lain.

    3. Bisnis steak

Untuk memulai berbisnis steak, kita harus menyiapkan modal secukupnya. Kemudian, dalamilah pengetahuan dan keterampilan dalam membuat steak. Miliki rahasia resep sendiri agar steak kita memiliki rasa spesial dibanding dengan penjual steak yang lain. Lalu, pilihlah lokasi usaha yang
ramai dan mudah dikunjungi konsumen.

    4. Warung bakso

Sama dengan mie ayam, bakso adalah makanan ringan yang paling disukai masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi. Bahkan, makanan ini sering dijadikan menu untuk makan siang, makan malam, ataupun untuk menu ketika sedang berkumpul bersama teman. Dengan demikian, bakso merupakan salah satu pilihan bisnis tepat, apalagi jika kita bisa menemukan rasa yang enak dan lokasi yang tepat untuk berjualan bakso. Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan ketika memutuskan untuk memulai usaha warung bakso.
a. Pilihlah lokasi yang strategis. 
    Lokasi strategis ini biasanya berada di keramaian, seperti kawasan pendidikan, perkantoran, dan lain-lain. Hal ini karena di kawasan pendidikan, bakso merupakan jajanan favorit.
b. Merinci modal yang akurat adalah syarat untuk mendapatkan keuntungan secara tepat. Tinggal dirinci berapa modal awal yang diperlukan dan kapan modal tersebut akan menghasilkan untuk kita.
c. Salah satu rahasia mengapa orang tertarik dengan satu tempat makan dan mengabaikan tempat makan yang lain adalah resep makanan di tempat tersebut yang khas dan enak. Oleh karena itu, ti dak heran apabila orang berbondong-bondong ke suatu tempat dan rela mengantre untuk memperoleh satu mangkok bakso saja.
d. Kenyamanan tempat juga perlu diperhati kan. Adakalanya orang sangat mementi ngkan tempat saat membeli makan, yaitu kenyamanan dari segi tempat dan ruangannya. Karena itu, penti ng bagi kita untuk mendesain tempat senyaman mungkin agar pembeli tetap berlangganan kepada kita. Untuk mendesain kenyamanan tempat, kita dapat menggunakan kreativitas kita. Misalnya, dicat warna warni, adanya musik favorit, atau meragamkannya dengan makanan lain yang sejenis, misalnya mie ayam dan bakso.
e. Promosi bisnis ini dapat dilakukan dengan cara dari mulut ke mulut melalui orang-orang terdekat, sms, brosur, leafl et, dan pamplet. Semakin banyak media yang dipergunakan, semakin besar peluangnya untuk menjadikan bisnis kita dikenal oleh banyak orang.
Untuk mengetahui apalagi yang bisa digunakan untuk membagi peluang usaha silahkan simak artikel selanjutnya.

Muhammad Alfan Ardhani

Founder - CEO KampusPolines.blogspot.co.id. Mahasiswa Teknik Listrik di Polines. Anak Kampung yang Hijrah Ke Kota demi Masa Depan yang cerah

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun